Cara Mengobati Darah Tinggi dan Stroke dengan Daun Buah Kepel

October 01, 2015
Daun buah Kepel ternyata mempunyai khasiat juga mengobati darah tinggi dan stroke. Adapun cara membuat ramuan herbal untuk penyakit stroke dan darah tinggi sangatlah mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Sebelum kita meramu atau membuat obat herbal dari daun buah kepel, alangkah baiknya kita mengetahui sedikit tentang penyakit darah tinggi dan stroke. Karena dengan mempunyai pengetahuan terhadap suatu penyakit, maka setidaknya akan membuat kita menjadi tahu dan yakin akan kesembuhan dari obat herbal yang kita buat sendiri.

Apa itu darah tinggi dan stroke?

Dikutip dari wikipedia, Stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak. Terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, atau jika robek atau bocor.

Sedangkan Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. 


Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. 

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). 

Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Dalam artikel berjudul "Sebagian Besar Penderita Hipertensi Tidak Menyadarinya" yang dipublikasikan di website resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada 17 mei 2017 menulis bahwa :

Prevalensi Hipertensi nasional berdasarkan Riskesdas 2013 sebesar 25,8%, tertinggi di Kepulauan Bangka Belitung (30,9%), sedangkan terendah di Papua sebesar (16,8%). Berdasarkan data tersebut dari 25,8% orang yang mengalami hipertensi hanya 1/3 yang terdiagnosis, sisanya 2/3 tidak terdiagnosis. Data menunjukkan hanya 0,7% orang yang terdiagnosis tekanan darah tinggi minum obat Hipertensi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar penderita Hipertensi tidak menyadari menderita Hipertensi ataupun mendapatkan pengobatan.


Apa itu tumbuhan kepel?

Tumbuhan kepel merupakan sebutan dalam bahasa Jawa atau dalam bahasa Sundanya dikenal burahol mempunyai nama latin Stelechocarpus burahol. Penghasil buah yang mirip sawo, buahnya yang matang bisa langsung dimakan. 

Jaman dahulu buah kepel digemari oleh puteri keraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Tumbuhan ini sekarang menjadi identitas dari daerah Jogjakarta. 

Cara Mengobati Darah Tinggi dan Stroke dengan Daun Buah Kepel
Tumbuhan kepel di Keraton Jogjakarta

Khasiat lain dari tumbuhan kepel

Selain mempunyai khasiat mengobati penyakit darah tinggi dan stroke, buah dan daun tumbuhan kepel juga mempunyai khasiat lain untuk pengobatan. Dalam berbagai artikel kesehatan telah banyak mengupas tentang manfaat dan khasiat dari buah dan daun tumbuhan kepel diantaranya untuk: 
  • Menghilangkan bau badan dengan menjadikan keringat menjadi wangi
  • Membuat air seni tidak berbau tajam atau menyengat
  • Sebagai peluruh kencing
  • Mengobati radang ginjal 
  • Untuk mencegah kehamilan (daging buahnya dapat menyebabkan kemandulan sementara)
  • Mengobati penyakit kolesterol / asam urat. 

Cara meramu atau penyajian daun buah kepel untuk mengobati darah tinggi dan stroke:

  1. Ambil daun buah kepel, direbus sampai mendidih (untuk diambil airnya).
  2. Kemudian dibiarkan sampai dingin. Airnya diminum dicampur dengan gula batu.
  3. Diminum 3 - 4 kali (sebaiknya merebus daunnya di pagi hari).
Selain meminum ramuan herbal daun buah kepel, merubah pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup sehat sangatlah penting bagi penderita ataupun yang bukan penderita. Karena penyebab hipertensi sendiri adalah pola hidup yang tidak sehat seperti malas untuk bergerak atau berolahraga dan juga obesitas. 

Bagi Anda yang saat ini sedang kelebihan berat badan, Anda bisa mencoba tips sederhana dari Artika Nino untuk mengurangi berat badan dengan cara mudah dan menyenangkan. 

Cara mengobati darah tinggi dan stroke dengan daun buah kepel merupakan pengobatan dengan cara herbal dan khasiatnya akan terlihat secara bertahap. Selain daun buah kepel ada juga bunga pecut kuda yang mempunyai khasiat untuk sakit tenggorokan, sariawan dan panas dalam.

Semoga bermanfaat artikel pendek ini. Jangan lupa share artikel ini untuk sesama bila sobat sudah merasakan manfaatnya. Bila sobat ingin berkonsultasi lebih mendalam tentang ramuan herbal ini, silahkan tinggalkan komentar dikolom yang tersedia dibawah. Salam.

First
0 Komentar